Gus Dur: Orang Kristen dan Yahudi Bukan Kafir

Abu syaima baru bangun dari tidurnya setelah beberapa hari tidak online, e..eh tahu-tahu dapat postingan dari J J I L (Jamaah Jaringan Islam Liberal). Tentang judul di atas, aku minta komentar dari ente-ente semua……………..Pro / kontra terhadap masalah ini ?

Berikut adalah wawancara Kajian Islam Utan Kayu di Radio 68H Jakarta dengan Kiai Haji Abdurrahman Wahid alias Gus Dur sebagaimana dikutip dari Jaringan Islam Liberal [JIL].

Keberagamaan umat Islam saat ini sering dikaitkan dengan radikalisme dan kekerasan. Apa yang salah menurut Gus Dur?

Saya rasa persoalannya adalah ketidakmengertian. Mereka yang melakukan kekerasan itu tidak mengerti bahwa Islam tidaklah terkait dengan kekerasan. Itu yang penting. Ajaran Islam yang sebenar-benarnya — saya tidak memihak paham mana pun, baik Ahlus Sunnah, Syi’ah, atau apapun — adalah tidak menyerang orang lain, tidak melakukan kekerasan, kecuali bila kita diusir dari rumah kita. Ini yang pokok. Kalau seseorang diusir dari rumahnya, berarti dia sudah kehilangan kehormatan dirinya, kehilangan keamanan dirinya, kehilangan keselamatan dirinya. Hanya dengan alasan itu kita boleh melakukan pembelaan.

Bagaimana cara menanggulangi radikalisme itu, Gus?

Ya, kita tidak boleh berhenti menekankan bahwa Islam itu agama damai. Dalam Alquran, ajaran tentang itu sudah penuh. Jadi, kita tidak usah mengulang-ulang (pernyataan) lagi bahwa Islam itu damai dan rasional. Hanya saja, memang ada sisi-sisi lain dari Islam yang kurang rasional. Tapi kalau dipikir-pikir lagi secara mendalam, jangan-jangan itu rasional juga. Jadi dengan begitu, kita tidak boleh serta-merta memberikan judgement, pertimbangan, penilaian. Jangan. Kita harus benar-benar tahu latar belakang mengapa seseorang melakukan kekerasan. Tapi biasanya, yang pura-pura (Islam) itulah yang paling keras.

Bagaimana Gus Dur mendefenisikan istilah kafir?

Mengenai pengertian kafir, muballigh kayak Yusril Ihza Mahendra saja, menteri kita itu, nggak tahu. Dulu dia pernah bilang, “Saya kecewa pada Gus Dur yang terlalu dekat dengan orang Kristen dan Yahudi. Padahal, Alquran mengatakan, tandanya muslim yang baik adalah asyiddâ’u`‘alal kuffâr (tegas terhadap orang-orang kafir).” Terus saya balik tanya, “Yang kafir itu siapa?”

Menurut Alquran, orang Kristen dan Yahudi itu bukan kafir, tapi digolongkan sebagai ahlul kitab. Yang dibilang kafir oleh Alquran adalah ”orang-orang musyrik Mekkah, orang yang syirik, politeis Mekkah”. Sementara di dalam fikih, orang yang tidak beragama Islam itu juga disebut kafir. Itu kan beda lagi. Jadi, kita jelaskan dulu, istilah mana yang kita pakai.

Banyak sekali soal khilafiah di dalam masyarakat dalam menafsirkan agama yang satu sekalipun. Apa kriteria perbedaan yang membawa rahmat itu, Gus?

Dulu, ada perbedaan antara Muhammadiyah dengan NU soal tarawih dua puluh tiga rekaat atau sebelas. Kan begitu. Semua itu sama-sama boleh. Jadi, jangan ribut hanya karena masalah seperti itu. Yang harus kita selesaikan adalah masalah-masalah pokok seperti kemiskinan, kebodohan, korupsi, dan sebagainya. Tapi itu malah yang nggak pernah diurusi. Malah yang diributkan tentang shalatnya bagaimana; sebelas rekaat atau berapa. Itu kan bukan masalah yang serius.

Mengapa ada kelompok Islam yang ingin ajaran-ajaran spesifik Islam diatur dalam hukum negara, seperti kewajiban berjilbab dan lain-lain?

Pemikiran seperti itu sebetulnya bersifat defensif. Artinya, mereka takut kalau Islam hilang dari muka bumi. Itu namanya defensif; pake takut-takutan. Sebenarnya, nggak perlu ada rasa ketakutan seperti itu. Mestinya, hanya urusan-urusan kemanusiaan yang perlu kita pegang. Adapun soal caranya, terserah masing-masing saja. Jadi orang Islam nggak perlu takut (Islam lenyap).

Coba saja bayangkan, dulu Islam berasal dari komunitas yang sangat kecil. Tapi sekarang, Islam jadi agama dunia. Agama Buddha dulu juga demikian, Kristen juga demikian. Orang Kristen dulu dimakan macan; nggak bisa apa-apa. Sama rajanya diadu dengan tangan kosong, bahkan diadu dengan singa. Toh sekarang agama Kristen jadi agama yang merdeka di mana-mana.

Begitu juga dengan Islam. Jadi, tidak usah diambil pusing. Di negara Republik Rakyat Cina (RRC) yang katanya tak bertuhan, agama Konghucu atau Buddha dalam kenyataannya tetap ada dan berkembang walau secara sembunyi-sembunyi.

Ada kesan umat Islam memusuhi seni rupa. Jangankan menggambar sosok nabi, menggambar makhluk bernyawa saja dikecam. Bagaimana Islam memandang seni rupa, Gus?

Dulu ada KH. Ahmad Mutamakkin dari Pati. Dia dituduh para ulama fikih di daerahnya telah mengamalkan sesuatu yang bertentangan dengan hukum Islam. Kenapa? Dia membiarkan adanya gambar gajah dan ular di tembok masjid. Lalu tuduhan bertambah: dia anti-Islam, karena suka menonton wayang kulit lakon Dewa Ruci. Kata yang menuduhnya: orang Islam kok percaya dewa-dewi.

Memangnya kenapa; untuk nonton saja nggak boleh? Dari sana dia kan bisa mengambil teori-teori yang dia tidak cocok. Untuk itu, kita ini jangan gampang-gampang bereaksi, apalagi menganggap orang lain itu kafir.

Mengapa sering terjadi benturan klaim kebenaran antar agama-agama, bahkan dalam satu rumpun agama yang sama?

Karena kita berani-beraninya mengambil alih jabatan Tuhan, fungsinya Tuhan, kerjaannya Tuhan. Emangnya kita siapa, kok berani-beraninya. Nggak ada yang lebih tinggi daripada yang lain. Yang lebih tinggi dan lebih besar dari segalanya hanya Tuhan.

Bagaimana menentukan sikap Islam yang benar dalam kompleksitas kehidupan dunia ini?

Sikap Islam yang benar adalah sikap yang sesuai dengan ajaran pokok Islam. Ajaran pokok Islam ialah: Tuhan itu satu. Jadi kita dituntut untuk mematuhi ajaran Tuhan, saling mengasihi, dan sebagainya. Kita harus saling mengasihi antar-manusia.

dikutip dari :Jaringan Islam Liberal…..bataknews.wordpress.com
disini abu syaima lampirkan alamat sumbernya, jika ada pihak-pihak yang kurang bertanggung jawab silahkan hubungi sumbernya…

Perihal asle090880
saya adalah seorang yang mempunyai keinginan untuk maju

104 Responses to Gus Dur: Orang Kristen dan Yahudi Bukan Kafir

  1. Leony mengatakan:

    Memutar balik fakta untuk sebuah ketenaran, menyambung hidup, dan popularitas adalah sebuah kesesatan yang nyata

  2. james mengatakan:

    biar dunia rame aja kali ya, makhluq macam si dur ini masih dibiarkan hidup. jadi ada dinamika dalam hidup kita ummat islam buat mensikapi propaganda kesesatan yg terbungkus kedok kiai.

  3. iwan mengatakan:

    Gw suka tanggapan GUS DUR, dia berani melontarkan perbedaan. Ya gw hitung2 sih tanggapan positif dia aja. Selain beda gw juga bisa liat dari sisi dan sudut lain, ga cuma mo menang sendiri. Toh banyak kan masing2 individu berpikiran berbeda. Inget Indonesia banyak jiwa-nya!

    + thinking aja kale yah biar damai INDONESIA,. jadi ga ada perpecahan yang menghancurkan INDONESIA-KU TANAH AIR-KU!!!!

    udah semua pada DAMAI AJA!!!!!!!!!! UNTUK INDONESIA!!!!!

  4. adetz mengatakan:

    Ya Allahhhh,,,,,
    tak ada kata yang bisa terucap,,,

  5. saefullahmilanisti mengatakan:

    Apa yang dibilang gusdur, mungkin itu hak-nya dia untuk berpendapat seperti itu, Mungkin dia punya pola pikir sendiri dan cara penafsiran tersendiri dalam menyikapi sesuatu. Saya menghargai apa yang dia sampaikan, Asalkan, catat saja tidak mempengaruhi pola pikir dan penafsiran orang lain yang berbeda-beda. Dan juga saya menghargai apa yng disampaikan gusdur asalkan Tidak menyangkut dalam hal penafsiran tentang Aqidah yang menyimpang dari ajaran agama,
    GusDur boleh lah memberikan pendapatnya tentang baik itu kekerasan yng dilakukan orang-rang islam (yang sedang hangat2nya skrng ini contohnya: FPI), Tapi cobalah untuk menghargai pandangan dan penafsiran dari orang lain, tidak dengan Berprasangka buruk terhadap orang lain yang tidak sepaham, dengan bilang bilang pura-pura islam lah, siapa yng kafir lah..
    Cobalah kita sama-sama menghargai pendapat kita yang berbeda dengan saling toleransi, tanpa saling menuduh, saling menjatuhkan, apalagi sesama saudara umat islam…

  6. santri cirebon mengatakan:

    sebagian aku sepakat dengan gus dur,
    tapi ada juga yang aku ga sepakat.
    contoh untuk masalah orang kristen dan yahudi its okelah kalau di bilang ahlu sunnah atau bukan ga kafir, tapi kalo masalah ahmadiyah ini bukan masalah yang sepele gus. Dan ingat, gus dur adalah orang yang terpandang dan memiliki banyak masa, jadi agak di saring dikit setiap ucapannya karena ga semua orang NU adalah orang yang berpendidikan, saya yakin ketika besok gus dur mengatakan ke warga NU akan terjadi gempa bumi di jawa timur, mayoritas orang NU pasti akan percaya ucapan gus dur. Jadi gus, pembelajaran boleh, tapi dipertimbangkan juga kata2 yang agak baik dan tidak menambah keruh suasana.

    Maaf gus kalo berlebihan.

  7. X 88 O mengatakan:

    Gus Dur:
    Orang Kristen dan Yahudi Bukan Kafir ??? bah otonaiho gusdur

  8. X 88 O mengatakan:

    Gus Dur:
    Orang Kristen dan Yahudi Bukan Kafir ??? bah otonaiho gusdur. yang bilang mereka kafir siapa ya ?????? gus gus.

  9. Rozi mengatakan:

    wadow…………

  10. H2S mengatakan:

    semoga saja kita masih dikuatkan iman untuk tidak mengikuti langkah-langkah syetan yang menjelma menjadi manusia. Amin
    (gue gak ngina lu loh gus…tapi kalo apa yang gue bilang bener, yah mo gimana lagi)

  11. Putu Gede Sudira mengatakan:

    yup, untuk kali ini kita sependapat Gus.

  12. abim mengatakan:

    Komentar dia tentang kekerasan.
    Kalau kita tengok ke belakang, ketika si Dur jadi presiden hingga lengser. Di jawa timur banyak terjadi kekerasan yang notabene orang-orangnya si Dur. Kok ngak konsisten omongan dia……………!!!!!!!!!!!!!!!!!! bahkan waktu itu dia sangat mendukung kekerasan itu.
    Omongan si Dur ngak bisa dijadikan referensi, karena ketidakkonsistennya, memihak, emosional, dan tanpa dasar.
    Biarin aja apa komentarnya, ngak usah dipikirin.

  13. Zoe mengatakan:

    Hehehe….

  14. DONAL BEBEK mengatakan:

    SAYA SETUJU PENDAPAT GUS DUR..MEREKA ADALAH ORANG2 BERKITAB YANG NOTA BENE ADALAH PARA PENGIKUT yANG mAHA kUASA.

  15. ramdani1428 mengatakan:

    mmh gus dur fitnah dajjal tuh. Gak usah difikirin, gak usah diikutin

  16. Ryou mengatakan:

    Gusdur : Jangan melakukan kekerasan atas nama agama
    Saya : Kalau atas nama zionis boleh ya Gus? spt org2 israel itu
    Gusdur : ??

  17. yoghi mengatakan:

    Gus Dur Orang hebat yang sudah capek, letih, kemaren dia gagal jadi nakhoda Indonesia…pola pikirnya mulai kurang fresh.

  18. frozen_x mengatakan:

    oooo… orang yang mau bubarin FPI 15 taun lalu ya? gyahahahha…

    –orang berdirinya az baru 10 taun lalu–

    –eh… eh… saia bukan pro FPI ya, apalagi Gus Dur–

  19. Hariesya Ivan mengatakan:

    Gus dur memang susah di tebak arah pemikirannya kemana, ntah dari mana dia menyimpulkan sesuatu,yg kadang masyarakat umum berpikir tak lazim. Penasihatnya gus dur apa ya

  20. masdhenk mengatakan:

    Gus dur???

    hahahahahahaha….

  21. masdhenk mengatakan:

    eh… tanpa gus ding….
    maaf… terlalu semangat ketawa…denger ulasan DUR

  22. Markupolo mengatakan:

    Kdg2 yg nuduh org lain syeitan ato kafir adlh bpkny setan. Kalo Gus Dur dtdh Syeitan ato kafir ya tafsirin az sendiri siapa yg setannnn!

  23. dana mengatakan:

    Katanya semua diciptakan ada gunanya. :lol:

  24. trijayafmplg mengatakan:

    Ah biasa saja gak menarik, sejak SD saya sudah tahu kenapa harus diungkap lagi…

  25. de mengatakan:

    hUuh..

  26. roney22 mengatakan:

    Gusdur selalu bermanuver dengan kata katanya yang nyeleneh, kita harus paham bahwa setiap nyelenehnya itu terkandung makna implisit. adakalanya benar ketika orang sudah mulai mengkaji maksudnya. lalu orang tersebut tiarap terhadap pernyataan Gusdur. salut buat Gusdur dengan polarisasi pemikirannya yang moderat.
    Wallahul Muwafieq Ilaa Aqwamitharieq

    roney22.wordpress.com

  27. khyangan mengatakan:

    Subhanallah…
    orang sakit didengerin…!!

  28. khyangan mengatakan:

    Subhanallah..
    orang sakit didengerin…!!!

  29. gus sur mengatakan:

    gus dur kan emang sontoloyo. gitu aja kok repot. biarin deh!

  30. angger mengatakan:

    kelak, surga itu milik siapa ya….?

  31. usamah mengatakan:

    Gus Dur diikuti…wong wes kehilangan ingatan dan hanya bisa dengar dari pembisik aja koq masih dipercaya….
    Kemarin aja Gus Dur nuduh Yusril(sekertarais negera) sebagai biang kerok keluarnya SKB 3 menteri. Padhal kam Yusril udah didepak dari mensesneg..kekek, Kemudian diralat ma pembisiknya……
    Untuk aja aku gak tetanggan ma Gus, klo tetanggaan dah gue jitak tuh kepalanya….

  32. erensdh mengatakan:

    Mari kita semua mau berendah hati agar kita mengerti kekurangan serta kesalahan kita, dan mau berbesar hati agar bisa mengakui kelebihan orang lain.
    Biarkan Allah dengan Kesucian-Nya menguasai hati dan pikiran kita agar kita tidak pernah mampu berlaku curang maupun jahat pada setiap manusia yang juga adalah ciptaan Allah.
    Biarkan setiap orang memiliki kesempatan yang sama bebas untuk belajar apapun serta kebebasan untuk meyakininya.
    Percayalah Allah terlampau berkuasa atas apa yang Ia kehendaki tanpa perlu bantuan kita, sebab Ia Maha Kuasa.

  33. cahayasura mengatakan:

    Orang-orang Nasrani dan Yahudi adalah pengikut Nabi Isa dan Musa, dua rasul pendahulu Muhammad saw yang termasuk ulul azmi. Mereka digolongkan ahli kitab, bukan kafir. Dimana disebutkan dalam al Quran bahwa mereka kafir? Yang kafir adalah yang mengatakan bahwa Isa adalah Tuhan dan atau Tuhan itu tiga. Pernyataan ini bukan milik pengikut Isa, tapi pengikut Paulus. Isa tidak pernah meminta pengikutnya menyembah dirinya dan ibunya.

  34. max307 mengatakan:

    Berpendapat adalah hak manusia, jadi mau bener ataupun salah biarin aja, belum tentu kita sendiri itu bener. Klo Gus Dur itu salah masak nggak ada pengikutnya yang mbenerin. Kalopun dia salah biarin aja. Orang pake mulut – mulutnya dia, yang salah tu yang posting, bikin tambah kisruh umat aja

  35. iwanketch mengatakan:

    yaaah…. memang dalam kehidupan selalu ada pro dan kontra… kan masih ada kutub utara dan kutub selatan yang sama-sama saling mempunyai kekuatan untuk menarik dan menolak…
    Hanya Allh Swt., adalah hakim terakhir yang Maha Bijak bagi seluruh umatNya….

  36. arriis mengatakan:

    ah, tidak selamanya tokoh itu bisa berbicara kokoh. jadi mari kokohkan iman kita. tidak ada daya dan upaya selain dari Allah swt.

  37. mybangka mengatakan:

    Saya tidak pernah menemukan orang gila, yang lebih gila dari GUSDUR di Republik ini. Gusdur, tak lebih dari seorang lelucon. Dia juga adalah seorang Presiden yang paling memalukan yang pernah dimiliki Republik Indonesia.
    Kenapa Gila… Gus Dur ini seorang yang sangat-sangat lihay menambah kekeruhan ‘pada suatu kondisi kritis’ yang seharusnya sudah mulai mereda, untuk digolakkan lagi. Dan dia berharap dianggap Pahlawan. Ya… kasus FPI di monas beberapa waktu yang lalu, peristiwa itu sebetulnya hanya terjadi satu hari saja. Beliau memperkeruh suasana dengan mengeluarkan statement ‘mendukung Ahmadiyah’ yang notabene sudah dilarang beraktivitas dengan keluarnya SKB 3 menteri. Dalam hal ini, Gusdur menentang pemerintah dan memperkeruh suasana yang menyebabkan timbulnya potensi kerusuhan yang lebih besar… GILA!!!
    Lelucon…. Gusdur selalu ingin bahkan sangat berambisi untuk menjadi presiden.. Padahal, berjalan sendiri aja dia nggak mampu. Melihat aja nggak bisa, ngomong aja susah. Suka dengan kontroversi pula… Orang seperti ini yang mau jadi Presiden??? Lucu banget. Nggak sadar apa???
    Kami ini, Bangsa Indonesia ini MALU punya presiden buta yang tidak mampu untuk berdiri sendiri. Malu malu malu malu…..

  38. oktara mengatakan:

    Memang beda orang yang ‘memahami’ islam dengan yang tidak.Salut untuk Gusdur………

  39. kifli mengatakan:

    Kesimpulan saya
    yang paling tahu kafir tidaknya seseorang adalah Allah SWT.
    Bukan Gus Dur, FPI atau siapa saja orang di republik ini.

    http://qflle.wordpress.com

  40. yossyrahadian mengatakan:

    haiya…
    bayangkan orang yang terkena serangan stroke 2 x
    kata2nya kalo ga bisa dibilang nyeleneh ya salah besar…

    kiai-kiai sepuh bahkan ketum PBNU saja sudah berlepas diri dari Gus Dur…

    bagi muslim yang berakal dan jernih hatinya, pasti tahu apa yang harus diperbuat :-)

  41. gondhes mengatakan:

    Audzu Billahi minnas syaithonir rojim

  42. petak mengatakan:

    Terlalu kontroversial buat dipilih..

  43. alvaro203 mengatakan:

    Hahahaha… pada ndagel semua nih… lucu… lucu…

  44. iskandar zulkarnaen mengatakan:

    Assalammu’alaikum wr. wb
    Kalau kita menengok latar belakang Gus Dur, beliau pernah sakit Stroke, dan beliau maaf (tidak bisa melihat), jadi wajar saja kalau beliau di bisiki oleh orang-orang yang memanfaatkan beliau.

    Demikian komentar saya, karena pengetahuan saya tentang Gus Dur tidak banyak.

    Wassalammu’alaikum wr. wb

  45. anwarpamungkas mengatakan:

    sebetulnya masalah keimanan itu yang tahu cuma tuhan manusia hanya berusaha mendefinisikan secara sederhana guna membedakan mana yang beda dari keyakinannya. Masalah yahudi dan kristen apa kafir atau bukan bisa kita lihat dengan keyakina mereka, apa yang mereka sembah. Dari sinilah kita bisa memahami apa dia kafir atau bukan.
    Kalaupun dalam ajaran mereka tentang kebaikan itu adalah fitrah, bukankah manusia dilahikan dengan adanya unsur-unsur ketuhanan? yang siapa saja memilikinya baik yang ateis maupun agamis.Saat ini yang diperlukan bukan lagi mendefinasikan ulang hal tersebut, yang pokok adalah bagaimana kita menghargai kepercayaan masing-masing individu tanpa harus mengikuti amal keyakinanannya.Jangan karena mereka kafir lantas kita ingin melenyapkannya! memangnya kita Tuhan? lha wong Tuhan yang maha tahu kalau ada ciptaannya yang ingkar aja masih dikasihi. kita tidak tahu akhir riwayat seseorang.meskipun sekarang kafir siapa tahu ketika mau mati jadi religius begitu juga sebaliknya yang agamis bisa juga jadi kafir. karena tuhan jualah yang tahu keadaan hambanya dan dia bisa merubah hati seseorang, muqolibal qulub.Disini saya kurang sependapat dengan Gus Dur kalau dikatakan bahwa yahudi dan kristen itu bukan kafir karena melihat dari keyakinannya.Tetapi disisi lain saya setuju saja jika kita bersikap arif terhadap mereka dan menghindari sikap phobia !. jangan menyerang kalau tak menyerang. jangan kuatir islam akan lenyap dari bumi. kelenyapan agama tergantung sikap umatnya, apakah arif atau beringas.

  46. kampungsalaf mengatakan:

    orang yahudi dan nashoro adalah KAFIR baik di alQuran dan Sunnah jangan mengikuti ahlul bid’ah yang JAhil bin bodoh, supaya faham kunjungi dong http://www.desasalaf.co.cc dan http://www.desasalafy.co.cc MOGA BERMANFAAT

  47. mrfajarsyah mengatakan:

    dagelan pelawak masa kini

  48. Sylvia mengatakan:

    001.Orang-orang kafir yakni ahli kitab dan orang-orang musyrik (mengatakan bahwa mereka) tidak akan meninggalkan (agamanya) sebelum datang kpada mereka bukti yang nyata.(QS(Al-Bayyinah(98):1).

    006.Sesungguhnya orang-orang kafir yakni ahli Kitab dan orang-orang musyrik (akan masuk) ke neraka Jahannam; mereka kekal di dalamnya. Mereka itu adalah seburuk-buruk makhluk.(QS(Al-Bayyinah(98):6).

    071. Hai Ahli Kitab, mengapa kamu mencampur adukkan yang haq dengan yang bathil, dan menyembunyikan kebenaran, padahal kamu mengetahui?(QS.Ali Imran(3):71).

    171. Wahai Ahli Kitab, janganlah kamu melampaui batas dalam agamamu, dan janganlah kamu mengatakan terhadap Allah kecuali yang benar. Sesungguhnya Al Masih, `Isa putera Maryam itu, adalah utusan Allah dan (yang diciptakan dengan) kalimat-Nya yang disampaikan-Nya kepada Maryam, dan (dengan tiupan) roh dari-Nya. Maka berimanlah kamu kepada Allah dan rasul-rasul-Nya dan janganlah kamu mengatakan: “(Tuhan itu) tiga”, berhentilah (dari ucapan itu). (Itu) lebih baik bagimu. Sesungguhnya Allah Tuhan Yang Maha Esa, Maha Suci Allah dari mempunyai anak, segala yang di langit dan di bumi adalah kepunyaan-Nya. Cukuplah Allah sebagai Pemelihara.(QS.An-Nisa'(4):171).

    068. Katakanlah: “Hai Ahli Kitab, kamu tidak dipandang beragama sedikitpun hingga kamu menegakkan ajaran-ajaran Taurat, Injil dan Al Qur’an yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu”. Sesungguhnya apa yang diturunkan kepadamu (Muhammad) dari Tuhanmu akan menambah kedurhakaan dan kekafiran kepada kebanyakan dari mereka; maka janganlah kamu bersedih hati terhadap orang-orang yang kafir itu.(QS.Al-Maidah(5):68).

    Masih banyak lagi ayat Al-Quran yang menerangkan bahwa ahli kitab yaitu orang Yahudi dan Nasrani adalah kafir karena mereka menyembah berhala, menuhankan manusia ( Isa as), membunuh para nabi dan rasul.

    Gus Dur yang dibaca apa ya?

  49. gntong mengatakan:

    Walah, saya setuju sama Gus Dur… Ingat ini adalah pendapat, jadi boleh setuju atau tidak. Asal jangan menyalahkan dan memberi judgement… Masalah Ahmadiyah(yang ditanggapi sama banyak orang di sini), saya tidak mengimani ajaran mereka, tapi saya menghargai keyakinan mereka. Mereka sudah memilih jalan hidupnya, kenapa kita yang repot? Apa kita harus membunuh sekian ribu nyawa yang menganut Ahmadiyah? Negara kita kan bukan negara Islam. Lihat saja di Inggris, Amerika, dan banyak negara lain Islam dan Ahmadiyah hidup dalam damai…

    Lihat, baca, dan komentari Blog saya di http://airdiataskrisan.wordpress.com

  50. byguys mengatakan:

    Sepakat sama Sylvia.

    Alhamdulillah masih ada orang yang mengajak pada kebenaran dengan mengembalikan masalah pada algur’an, bukan pada pemikiran atau akal semata.

    sodaraku seiman, ahti-hatilah terhadap perang pemikiran yang banyak menyesatkan kaum muslimin. Al quran dan hadits harus tetap jadi pedoman.

    wallahualam bish showab

  51. guskontol mengatakan:

    Mukanya gusdur aja macam kontol.
    meskipun gw gak alim-alim amat, tapi kalo liat muka gusdur di tv, rasanya pengen mecahkan tv aja.

    Gus dur,… kalu lah orang GILA yang kayak anjing

  52. guskontol mengatakan:

    NAMANYA JUGA ORANG PICEK. SUKUR AJA DIA GAK MATI.
    YA JELAS AJA DIA GAK BISA BACA. DIA CUMA BISA DENGAN (ITUPUN MUDAH-MUDAHAN SEBENTAR LAGI GAK BISA)

    GUSDUR, KAU GAK COCOK DISEBUT KIAI. KAU ITU ANJING!!!!!!!!!!!!!!!!
    SETAN YANG BERWUJUD MANUSIA. BIADAB KAU GUSDUR, ..
    KAU ITU MUNGKIN SEORANG MISIONARIS YANG SEDANG MENYAMAR YA???
    INGAT DOSA GUSDUR…!

  53. jangkung23 mengatakan:

    enak aja kalo ngomong
    duite jg enak

  54. arifrahmanlubis mengatakan:

    kencingi air zamzam agar kau menjadi terkenal.

    _pepatah arab.

  55. suciptoardi mengatakan:

    namanya juga JIL…..

  56. syalmerah mengatakan:

    ikut nimrung n lam kenal buat semuanya

    sependapat dengan GUSDUR

  57. Mumu mengatakan:

    Salut buat Gus Dur..

    Agama itu urusan pribadi..
    Jadi gak usa sok ngurusin urusan orang laen..

    Hidup damai itu indah..

  58. mujahid cinta mengatakan:

    alah biasa… habis prosesornya sering hang kayaknya minta direstat tuh gusdur, ato di off kan aja

  59. zulfcholid mengatakan:

    malu punya mantan president kaya begitu. masalahnya dia memutarbalikan fakta dan yang menjadi anehnya masih banyak orang yang percaya dengannya. itu yang paling berbahaya!!!

  60. admin mengatakan:

    Ngomentarin Durahman capek, tahu!

  61. abu zulfa mengatakan:

    GUS DUR ITU ORANG STRESS, UDAH PIKUN, UDAH BAU TANAH, OMONGANNYA SAMA AJA DENGAN ORANG YANG ABIS MINUM ARAK 10 BOTOL . WAKAKAKAKAKAKAKAKAKAK ….

  62. YonY23 mengatakan:

    damai tapi mengorbankan iman? pilihan yang gila…kalau mau lihat seperti apa dajjal yang akan keluat nanti lihatlah gus dur…buta sebelah + berilmu tapi gak mampu mengimani yang Al Haq + tinggal tulisan kafir di dahi yang kurang…jangan ikuti gus dur…!!!

  63. missglasses mengatakan:

    ck ck ck makin kacau aja ni orang hahaha

  64. okikuswanda mengatakan:

    samanya deh jil dengan gusdur

    udah merger kayaknya tuh

  65. away01 mengatakan:

    klo dilihat stiap prkataan gusdur emang kbnyakan nyeleneh,,

    tapi klo dikaji secara mndalam bnyak sisi positif yg trkandung,,,

    Giituu ajaa koq REPOOOTTTT,,,,,,

  66. Zulmasri mengatakan:

    heran deh. jelas pendapat si dur itu tanpa referensi kuat, kok diikuti. sdh banyak terbukti sikap, ucapan, dan prilaku gus dur sbg citra dajjal sejati.

  67. arifrahmanlubis mengatakan:

    @ mumu : dasar anda bilang agama urusan pribadi apa?
    kalau anda muslim, mungkin kita perlu sama-sama pelajari lagi Al Quran dan Sunnah Rasulullah.

  68. jephman mengatakan:

    Sebagai orang Kristen, mau dibilang kafir kek, kufur kek, kuffar kek..ndak apa-apa

    Yang pentingkan gak balik menyebut kafir juga ke orang lain

    Gitu loh

  69. himatikaunas mengatakan:

    Pancasila ayat pertama:
    Ketuhanan Yang Maha Esa

  70. idiotz mengatakan:

    @kifli no. 41

    akur juragaan…

  71. reza mengatakan:

    wah wah..
    gus dur ini
    ini bisa bikin banyak yang bingung dunia islam sebenarnya.

  72. abiehakim mengatakan:

    Emang gudur masih hidup ya? perasaan dah lama mati kan?

  73. heri mengatakan:

    mungkin bagi ente yang udah sering baca Al Qur’an, ente baca surat Al Bayyinah, tapi bagi ente-ente yang tak pernah buka al-Qur’an tak usahlah banyak komentar…………………hi..hi……hii…hiii

  74. idiotz mengatakan:

    @heri
    saya baru buka al hujurot :D

  75. reyner mengatakan:

    Gw, setuju ama Gus Dur,,,,
    coz di dunia ini yang bisa menghakimi dan yang menilai manusia lain lebih rendah (kafir) dari orang lain Ya hanya Tuhan Sendiri………

    orang2 yang mengejek Gus Dur………apa bedanya mereka sama orang kafir?????? mulut merekalah yang justru harus di restart!!!!!!!!!!!

    Kita ini manusia, sama derajatnya, ngak ada orang yang martabatnya lebih tinggi dari yang laen karena beragama tertentu…………
    lagian orang2 yg menganggap dirinya suci belum tentu masuk surga,,,,, secara sikapnx kayak gitu!!!! gak ada bedanya sama mulut setan kaliiiii……………

    benar atau tidak!!!!!! kafir atau tidak!!!!!!! hanya Tuhan yang Tahu……….. kita jangan merendahkan orang laen…hanya karena perbedaan agama n keyakinan …………..
    karena orng yang tinggi hati kayak gitu, sama Tuhan bakalan direndahkan…….percaya deh!!!!!!!!!!!!

    :) :) :) :) :)

  76. bausir mengatakan:

    urusan agama hanya perorang. utamakan kepentingan orang banyak daripada kepentingan peribadi. saya dukung gusdur kalau kata-kata alqur`an dia bawah, tolong semua wakil rakyat perjuangkan hak rayat yang butuh penghargaan

  77. syalmerah mengatakan:

    wah ada pro dan kontra
    damailah semuanya
    damailah negri kita
    damailah hati kita semua

  78. asle090880 mengatakan:

    orang islam aja bisa di bilang kafir, kalau dia berani menentang ayat-ayat Alloh, seperti al Qur’an, apalagi orang yang tidak percaya tentang Al Qur’an……..so berfikirlah sebelum berkata

  79. hahahaha mengatakan:

    pesawat yang qta pake untuk naek haji ke arab..jg buatan orang kafir lho…???

    apa gag malu qta…
    hahahahaha

    hp,tv,radio,mobil,kulkas,komputer,sepeda motor, semua buatan orang2 kafir….

  80. hahahaha mengatakan:

    semua made in kafir……

    sungguh memalukan…
    pake produk orang2 kafir…

    speaker di masjid yang untuk teriak2 aja buatan orang kafir..

    hahahahaha

  81. asle090880 mengatakan:

    kenapa harus malu….sedangkan orang kafir aja banyak yng curi produk orang muslim, dan di atasnamakan produk mereka….
    haa,….ha..ha…
    banyak …peninggalan bersejarah dari kaum muslimin dahulu… yang jadi kebanggaan bangsa kafir saat ini,
    seperti bendungan Cordova di spanyol….n masih banyak lagi..
    he…he….he….

  82. HERI mengatakan:

    EMANG BETUL TUH ASLE…..
    SEBENARNYA ORANG KAFIR YANG HARUS TAHU DIRI….
    KIKUK……………………HO..HO..HO….

  83. otig ajas mengatakan:

    Mari kita berpegang teguh pada Al-Quran

  84. Hamba Allah mengatakan:

    Gus dur dajal yang menyerupai manusia, saya pernah liat vidio gusdur didoakan bersama orang2 nasrani

  85. root mengatakan:

    windows, linux, unix ini dan jaringan internet ini yg bikin orang kafir.
    Siapa yg make “PRODUK” orang “KAFIR” berarti dia “KAFIR” !!

    Nah Lo !!!

  86. Hilzo mengatakan:

    hahahahaha….

    Gus Dur tokoh yg cukup fenomenal tentu…
    Pemikirannya yang mengedepankan Pluralisme sangatlah disanjung oleh orang2 nonmuslim bhkan ia menjadi panutan bagi orang2 konghucu…

    pemikirannya yang terkadang berlawanan dengan opini orang banyak menjadikan ia tidak disukai…

    tapi satu hal, Gus Dur berani melakukan itu karena dalam Pancasila sudah diatur dalam sila pertama “ketuhanan yang Maha Esa”

    Kepulauan = banyak pulau
    Ketuhanan = banyak TUHAN???

    Itulah yang menjadi dasar Pluralisme yang tertancap di negeri ini
    Jadi kalau Gus Dur sering mengucapkan sesuatu yang kontroversial, itu tidak salah… Sebab masih sejalan dgn sila pertama pancasila

    Truz gmn?

    y…

    UBAH PANCASILANYA

  87. ocipala mengatakan:

    hanya orang2 islam yg punya kata kafir,jadi yg kafir itu hanya buat golongan dari yg memiliki kata kafir itu, dunia gak kenal kata itu selain golongan kalian… hal begini aja diributkan.kalo kalian punya tuhan ya ikut tuhan kalian,gitu aja kok repot…

  88. viuq mengatakan:

    / jadilah orang yang sungguh2 taqwa ……dan kalian akan selamat dunia akherat … pasti !!!!!!!!!

  89. HERY DWIYONO, Drs mengatakan:

    pejah gesang, nderek GUS DUR ………………….. men

  90. asle090880 mengatakan:

    mas,jenengan perlu belajar agama kanthi saestu supados mangertosi hukum taqlid secara buta……he…he…meniko saran saking kulo…..nyuwun ngapunten sak derenge

  91. etika mengatakan:

    Saya sependapat dengan gus dur, tentang makna kafir..
    kekerasan sangat tidak relefan apalagi mengatas namakan islam…
    negara indonesia berasaskan pancasila, berbeda tapi tetap satu jua.
    bukan bergambar logonya EXTRA JOSS

  92. pendosa mengatakan:

    gusdur itu oarang orang saraf jangan didengerin nanti terbawa SARAF……..!!!!!!

  93. hotman mengatakan:

    saya juga orang NU,tapi gw gak sepaham dgn si gedur alias gus dur.ngomongnya aja asal jeplak,nrocos kayak bebek terlalu pinter jadinya keblinger jadinya EDAAAAAAN….ngomongnya aja gak pernah bener CONTOH:inul goyang di pegang pantatnya halal..gede…kali…jadi presiden aja gak becus pingin mencalonkan lagi, edan to po kue gus,ngurusi diri sendiri aja gak bisa mo ngurusi negara.EDAN TENAN KUE GUS………!WA…KAKAAAAAAK…..

  94. mr.sompral mengatakan:

    caranya mengobati struk gusdur;di masukkan ke lumpur lapindo di jamin pasti langsung waras…..

  95. mr.sompral mengatakan:

    gus ngapain low repot2 mo calonkan presiden,paling yang milih low orang yang struk semua,udah mendingan low tidur dan bertobat.gitu aja repot low gus..wakaka…..kak….

  96. ,,bqpd,, mengatakan:

    umat islam ada yg bs bkn program kmptr, malah penasihat d intel orang islam

  97. katiro mengatakan:

    Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepada kamu hingga kamu mengikuti agama mereka. Katakanlah: “Sesungguhnya petunjuk Allah itulah petunjuk (yang benar)”. Dan sesungguhnya jika kamu mengikuti kemauan mereka setelah pengetahuan datang kepadamu, maka Allah tidak lagi menjadi pelindung dan penolong bagimu. ( Q.S. Al Baqarah: 120)

    kalo mbah dur bisa bahasa inggris pasti tak suruh baca2 di url ini:

  98. josh _Jubilai mengatakan:

    saya mewakili pembaca wacana ini yang beragama kristen,,,,”Walaupun kalian mengatakan kami kafir, laknat, dsb…tapi dari mulut dan hati kami, kami akan selalu mengucapkan “TUHAN YANG KAMI SEMBAH DALAM NAMA YESUS KRISTUS AKAN SENANTIASA MEMBERKATI KALIAN DAN KELUARGA KALIAN” Dan bagi saudara2 yang beragama kristen, Tuhan Yesus mengajarkan qta utk mengampuni, memberkati, dan mendoakan yang baik kepada mereka. krn kalau qta juga mengutuki mereka, apa bedanya qta dgn mereka. Tuhan memberkati.

  99. Hamba Allah mengatakan:

    ya Allah..

    Ampunilah mereka yg saling menghujat, ampunilah mereka yg saling membenci, ampunilah mereka yg saling menghianati..
    Ampunilah, Ampunilah mereka yg merasa paling benar melampaui kebenaranmu ya Allah..

    Semua makluk ciptaanmu..
    Berkahilah mereka yg saling mengasihi, Berkahilah mereka yang saling mencintai..

    Ampunilah mereka karna mereka tidak mengerti.. Ampunilah yaaa Allah.. Ampunilah bangsa kami..

  100. jabon mengatakan:

    semoga di dunia ini gak ada permusuhan lagi ….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: